Sabtu, 31 Maret 2012

Manfaat Membaca Karya Ilmiah


Pendahuluan
Menurut Damarjati Supadjar, ”Membaca adalah suatu aktivitas yang membatin suatu hal yang batin " tentunya dalam hal yang luas. Maksud dari lahir di sini adalah benda dalam artian fisik, kongkrit maupun abstrak yang dapat diindra oleh panca indra manusia, baik secara langsung maupun tidak langsung. Langsung dalam pengertian melalui penglihatan, perabaan, penciuman, pengecapan, maupun pendengaran. Sedangkan tidak langsung dapat diartikan melalui ciri-ciri suatu benda atau keadaan, ataupun dengan peralatan bantu tertentu. Tidak berbeda menurut Poerwodarminto (2010), ”Membaca adalah melihat sambil melisankan suatu tulisan dengan tujuan ingin mengetahui isinya”. Sedangkan menurut Mikkel Birkegaart, ”Membaca adalah Sebuah proses rumit, mulai dari kata di halaman dihadapanmu sampai suara  yang meninggalkan bibirmu”.
Membaca adalah Kombinasi dari mengenali simbol dan pola, menghubungkannya dengan suara dan mengumpulkannnya menjadi suku kata sampai akhirnya kita mampu menginterprestasikan arti sebuah kata. Dapat disimpulkan bahwa membaca adalah proses melisankan dan/atau memahami bacaan dari sumber tertulis untuk memperoleh pesan atau gagasan yang ingin disampaikan penulisnya.
Karya Ilmiah adalah sebuah laporan tertulis dan diterbitkan yang memaparkan hasil penelitian atau pengajian yang telah dilakukan oleh sesorang atau sebuah tim dengan memenuhi kaidah  dan etika keilmuan yang dikukuhkan dan ditaati oleh masyarakat keilmuan. Kita tau bahwa di dalam karya ilmiah itu cenderung hasil pemikiran manusia. Sebuah karya ilmiah itu tidak mudah secara langsung dipaparkan tetapi masih perlu kematangan untuk mendapatkan hasil yang memuaskan. Terutama dalam membuktikan bahwa karya ilmiah yang dipaparkan adalah fakta dan benar adanya di dalam penelitiannya. Kemudian di dalam penulisan karya ilmiah  perlu Bahasa Indonesia yang baik, benar dan bernalar yang mudah dipahami dan dimengerti oleh pembaca. Pembuatan karya ilmiah dengan maksud untuk berbagi ilmu dengan pembaca karya kita. Sebagai penyebar ilmu, terkadang kita juga menulis dengan maksud untuk menyakinkan orang lain. Untuk dapat  meyakinkan orang lain, biasanya faktor bahasa memegang peran penting.
Banyak hal yang perlu kita ambil manfaat ketika kita membaca sebuah karya ilmiah, saya berpendapat bahwa membaca karya ilmiah itu ada beberapa manfaat diantaranya;
1.Memberikan dan memperluas sebuah wawasan mengenai kualitas dalam penulisan maupun isi dalam karya ilmiah tersebut
2.Mengetahui permasalahan yang dikaji secara ilmiah berdasarkan ilmu yang ada
3.Menambah dan memperluas cakrawala ilmu pengetahuan
4.Memperdalam pemahaman terhadap bacaan
5.Dapat mengambil inti dari masalah tersebut
6.Dapat membantu dalam memecahkan masalah yang ada dalam keilmuan
7.Dapat belajar mengapresiasikan sebuah karya ilmiah
8.Membuktikan validitas data yang diuji
9.Mendapatkan  inovasi dan memacu adrenalin ingin membuat penelitian
10.Melatih untuk mengembangkan keterampilan membaca yang efektif
11.Melatih untuk menggabungkan hasil bacaan dari berbagai sumber
12.Mengenalkan dengan kegiatan kepustakaan
13.Meningkatkan pengorganisasian fakta atau data secara jelas dan sistematis
14.Memperoleh kepuasan intelektual
15.Sebagai bahan acuan atau penelitian pendahuluan untuk penelitian selanjutnya.



DAFTAR PUSTAKA

Poerwodarminto. (2010). Pengertian Membaca Menurut Para Ahli”. Tersedia : http://id.shvoong.com/writing-and-speaking/2060355-pengertian-membaca-menurut-para-ahli [1 Maret 2012].

Supadjar, Damarjati. (2010). “Pengertian Definisi Membaca”. Tersedia : http://carapedia.com/pengertian_definisi_membaca_info2149.html [1Maret 2012].

Bandung, 1 Maret 2012

1 komentar:

  1. kalau menurut saya daftar pustakanya kurang tepat. coba lihat dan tiru daftar pustaka yang ditulis oleh Ibu Isna :)
    slamat membaca.

    BalasHapus